Bloggers, Mari Bantu Sesama Saat Pandemi Covid-19 Melalui Rekening Donasi Ini

Pandemi Covid-19 telah menciptakan banyak cerita. Mungkin, cerita ini akan bisa kita sampaikan pada anak cucu kita, kelak. Jika Allah masih mengizinkan kita hidup bersama di dunia ini. Banyak kisah sedih, haru, menyakitkan, atau mungkin justru hikmah yang terselip diantara wabah Corona ini.


Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Para Bloger

Sebagai seorang bloger, saya banyak berinteraksi dengan sesama bloger baik di media sosial, saling berkunjung di blog atau blogwalking, atau chat di grup-grup WhatsApp khusus bloger. Melalui berbagai interaksi itu, saya jadi tahu bahwa banyak juga teman-teman bloger yang terdampak pandemi Covid-19. Kasusnya ada bermacam-macam. Ada yang biasanya menggantungkan pemasukan dari job menulis di blog atau mendatangi event blogger, sekarang sepi job. Event-event blogger secara offline (yang biasanya ramai dan fee-nya lumayan besar) semuanya ditiadakan. Job sponsored post pun sepi.

Ada pula yang pendapatan suami/istrinya berkurang selama masa pandemi ini, sedangkan job dari ngeblog juga tak bisa dibilang ramai. Atau, ada yang justru kehilangan pekerjaan karena di-PHK sedangkan mengharapkan pemasukan dari ngeblog masih sangat minim.

Teman-teman bloger seperti ini sangat perlu kita bantu. Bagaimana agar mereka tetap survive menjalani kehidupan selama masa pandemi Covid-19 ini. Kita bisa membantu meringankan beban mereka melalui bantuan berupa materi maupun non-materi.

Baca juga: Pengaruh Covid-19 di Lingkunganku: dari Kesedihan hingga Rasa Syukur.

Daftar Rekening Donasi untuk Sesama Bloger dan Lainnya

Bantuan berupa materi bisa kita sampaikan secara langsung jika memang kita bisa menjangkau kawan tersebut dengan mudah. Artinya rumahnya dekat dengan kita. Namun jika teman-teman yang terdampak itu jauh dari kita, solusinya bisa dengan memberikan donasi lewat rekening. Jika kita kenal dekat, bisa kita sampaikan langsung ke rekening teman tersebut. Namun jika kita bingung mau membantu kawan yang mana, bisa juga kita salurkan donasi kita ke platform-platform penggalangan dana di lingkup bloger.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, ada beberapa komunitas bloger yang membuka rekening donasi. Nantinya donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada pihak-pihak yang terdampak. Ada yang menyalurkan khusus untuk sesama bloger yang terdampak, ada pula yang menyalurkannya untuk bloger, kerabat bloger, atau tetangga bloger yang terdampak. Lebih luas lagi, ada yang memasukkan donasi ke platform penggalangan dana yang lebih umum.

Nah, buat para bloger, jika kita ingin membantu sesama bloger atau pihak-pihak terdampak Covid-19 lainnya, kita bisa berdonasi ke rekening-rekening di bawah ini:




Informasi nomor rekening sudah tercantum di flyer, ya (untuk nomor rekening Blogger Perempuan silakan meluncur dulu ke websitenya). Dana donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada bloger, kerabat bloger, atau tetangga bloger yang terdampak cukup berat atas pandemi Covid-19. Untuk donasi ke Blogger Perempuan, donasi akan disalurkan ke Dompet Dhuafa yang akan menyalurkannya langsung ke pihak-pihak yang membutuhkan.

Baca juga: Covid-19 di Mata Anak-anakku.

Nah, jika teman-teman ingin mengetahui lebih jelas dan lengkap mengenai open donasi tersebut, teman-teman bisa meluncur ke akun-akun Instagram komunitasnya (silakan klik):

Kumpulan Emak Blogger (KEB):

Bloggercrony Community (BCC):
 @bloggercrony

Blogger Perempuan Network (BPN):

Sejauh ini saya baru menemukan rekening donasi di tiga komunitas blogger di atas. Jika teman-teman tahu ada open donasi di komunitas bloger lain, silakan ditambahkan di kolom komentar, ya 😊.

Namun seperti yang saya singgung di atas, selain membantu sesama secara materi, kita juga bisa memberikan bantuan non-materi. Seperti membantu menyebarkan nomor rekening penerima donasi seperti flyer-flyer di atas, memberikan data teman-teman yang membutuhkan bantuan ke pihak penggalang dana untuk kemudian diberikan donasi, dan lain-lain termasuk doa yang tulus agar Allah subhanahu wa ta'ala selalu mencukupkan rezeki kepada teman-teman yang terdampak wabah saat ini.

Nah, teman-teman khususnya para bloger, jika kita masih dimampukan di masa pandemi Covid-19 ini, mari kita bantu sesama dengan apa saja yang bisa kita lakukan. Bantuan atau sedekah seberapa pun dan berupa apapun insyaa Allah akan bermanfaat. Dan semoga kita beroleh pahala dan keberkahan atasnya. Aamiin.


Diah Kusumastuti
Saya ibu rumah tangga dengan empat orang anak. Blog saya berisi bermacam tulisan terkait family, parenting, pendidikan, traveling, dll. Email: d3kusumastuti@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. memang di saat ini kita hrs peka terutama yg ada di dekat kita ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter