Jangan Sepelekan Urusan Servis Sepeda Motor, Cek 8 Bagian Ini Secara Rutin

Punya sepeda motor kalau enggak dirawat apa jadinya? Kalau tiba-tiba motor rusak dalam perjalanan, barulah panik. Maka dari itu penting banget untuk melakukan servis sepeda motor. Dan tahukah temans, ternyata ada 8 bagian yang wajib dicek saat servis motor, lo. Apa saja?


servis sepeda motor


Sebelum mengetahui kedelapan bagian tersebut, saya sedikit cerita, ya. Kami (saya dan suami) di rumah memiliki tiga sepeda motor. Salah satunya sepeda motor bebek, dan dua lainnya adalah sepeda motor matic. Namun saat ini hanya dua sepeda motor matic yang aktif kami gunakan, sedangkan sepeda motor bebek karena sudah tua usianya dan sering rusak, untuk sementara diistirahatkan dulu. Hehe.

Dua sepeda motor matic itu hampir tak pernah beristirahat setiap harinya. Waktu istirahatnya ya seperti pemiliknya, yaitu di malam hari saja. Karena keduanya kami perlukan untuk antar jemput keempat anak kami sekolah, untuk keperluan pekerjaan suami (meski kerja suami di rumah namun sering keluar juga untuk urusan kerja), dan keperluan lain-lain.

Dengan padatnya aktivitas dua motor matic tersebut, maka kami sebagai pemiliknya juga harus rajin merawat mereka. Selain mencuci body-nya agar bersih dan terawat, kami juga harus rajin mengecek kesehatannya. Hehe. Maksudnya, kami harus rajin melakukan servis pada semua dalaman kedua motor tersebut.


8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Sepeda motor harus diservis secara rutin agar selalu terawat dan tidak mudah rusak. Servis motor sendiri adalah pengecekan kondisi motor secara rutin yang biasanya dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian-bagian sepeda motor yang dicek antara lain saluran bahan bakar, mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban, dan sebagainya.

Nah, seperti yang telah saya singgung di atas, ada 8 bagian sepeda motor yang harus dicek pada saat melakukan servis motor. Apa saja, tuh? Ini dia kedelapan bagian tersebut:

1. Oli Mesin

Pernah enggak sih temans mengalami motor mogok dan ternyata penyebabnya karena oli mesinnya kering? Hemm.. Teman saya pernah, tuh. Oli mesin memang sangat penting untuk dicek secara rutin, karena oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.

Jadi kita perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata-rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Untuk penggantian tersebut biasanua kita membayar biaya yang meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Tapi ada juga pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini mereka lakukan karena oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Sehingga retailer ini berani mengklaim bahwa usia pemakaian oli mesin bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT), sehingga pengguna motor matic wajib rutin mengganti oli gardan ini. Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi harus dicek secara rutin, karena busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi.

4. Kampas Rem

Kampas rem adalah bagian motor yang berfungsi untuk keamanan. Karena keamanan dan keselamatan berkendara adalah faktor penting dalam berkendara, maka kampas rem harus dicek secara rutin. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan penting kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.


5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Saat servis motor biasanya akan diperiksa bagian ini, dan mekanik akan memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat. Jika kondisinya demikian, maka mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar pengendara tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman.

7. Ban

Pemeriksaan ban juga penting dilakukan secara berkala. Kita bisa mengeceknya sendiri, atau dicek saat servis sepeda motor. Pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Service motor tune up ini biasanya dilakukan mekanik jika pemilik sepeda motor telah menyetujui tindakan ini. Karena servis ini biasanya disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. 

oli motor matic
Planet Ban menyediakan oli motor matic.

Di Mana Bengkel Servis Motor Terbaik?

Urusan servis sepeda motor memang enggak boleh disepelekan. Selain memperhatikan delapan bagian di atas, perlu diperhatikan juga tempat untuk servisnya. Maka kita perlu memilih bengkel servis motor yang bagus. Salah satu bengkel yang bisa kita andalkan ada Planet Ban. Karena dii bengkel ini, kita bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Seperti apa itu?

Jadi servis motor rasa baru ini dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Dengan melakukan jenis service motor ini sepeda motor kita akan di-upgrade atau ditingkatkan performa dan ketahanannya dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru yaitu pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Di Planet Ban menyediakan oli motor matic juga, sehingga yang punya motor matic seperti saya enggak usah bingung misalnya mau ganti oli. 


Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Secara ringkasnya begini manfaat melakukan servis sepeda motor di Planet Ban:

  • Mesin jadi lebih awet (jarang rusak) karena di Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Tidak perlu sering ke bengkel, karena di Planet Ban ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali). Biaya servis pun jadi lebih hemat.
  • Dengan tidak seringnya servis sepeda motor, maka kita bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang. 


Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Selain beberapa manfaat dari servis motor di Planet Ban seperti tersebut di atas, ada keunggulan lain dari bengkel yang satu ini.

Salah satunya adalah jika kita servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Namun jika melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Begitulah servis motor rasa baru di Planet Ban. Hasil servisnya, sepeda motor punya tarikan yang lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Selain itu harga service motor di Planet Ban sangat terjangkau. Contohnya, nih:

  • Biaya service motor injeksi cuma Rp20.000,- 
  • Biaya service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- 
  • Biaya service throttle body cuma Rp20.000,-

Sangat terjangkau, bukan?

Demikianlah, ulasan mengenai servis sepeda motor dan 8 bagian motor yang wajib dicek secara rutin. Manfaatnya sangat besar jika kita rutin cek kondisi motor pada bagian-bagian tersebut. Nah, jika temans akan service motor, bisa ke Planet Ban saja, ya. Insyaa Allah temans akan mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru 😊


Diah Kusumastuti
Saya ibu rumah tangga dengan lima orang anak. Blog saya berisi bermacam tulisan terkait family, parenting, pendidikan, traveling, dll. Email: d3kusumastuti@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. lohhhh iya bngt mbaaa
    klo mesin motor ga dirawat dgn baik, protes"-nya sereeemmmm

    BalasHapus
  2. ternyata banyak banget ya yang kudu dicek kalau punya motor, gak kayak aku yang ngeeeeng aja make huhu

    BalasHapus
  3. Paling bener emang ke Planet Ban, Mbak. Ga perlu repot atau pusing, layanan cepat dan murah, pernah ganti ban di sana banyak pilihannya.

    BalasHapus
  4. banyak ya komponen motor yang musti dicek pas service mbak, tapi penting sih itu biar performa motor baik

    BalasHapus
  5. Aku yang malah sering teledor nyepelein banget jadinya udah parah baru nyadar deeh

    BalasHapus
  6. Makanya kudu rajin servis spare part motor ke bengkel pilihan terpercaya

    BalasHapus
  7. Oli mesin, hal yang kelihatannya sepele tapi sebenernya bisa berakibat fatal kalau sampai kehabisan. Motor bisa ngeluarin asap sepanjang jalan kek mau meledak

    BalasHapus
  8. Penting banget emang ya melakukan servis motor secara rutin. Jangan nunggu sampe rusak baru dibawa ke bengkel. Udah bener banget itu ya, dibawa ke Planet Ban

    BalasHapus
  9. Wah penting banget ini. Aku juga selalu rutin servis mbak. Telat servis itungan hari aja aku udah panik haha

    BalasHapus
  10. Setuju banget. Servis motor gak boleh dianggep sepele. Bisa-bisa keluar duitnya lebih banyak daripada ampe kenapa-kenapa. Planet ban oke banget nih buat servis rutin

    BalasHapus
  11. Punya motor kalau ga dirawat biaya benerinnya bisa lebih menguras kantong ya, mana motor perlu banget kan buat mobilitas sehari2

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter