Sudah Benarkah Cara Kita Memakai Masker?

Sejak awal munculnya wabah Covid-19 atau virus Corona di Indonesia, masker menjadi barang paling penting yang dicari masyarakat. Kemudian kain khusus penutup hidung dan mulut ini perlahan lenyap dari peredaran saking banyaknya yang memburunya.

Sumber: pixabay.com.

Pemahaman pemakaian masker mengalami beberapa kali perubahan di masyarakat saat pandemi Covid-19. Awalnya semua orang yang keluar rumah merasa wajib memakai masker karena untuk mencegah masuknya virus Corona ke dalam tubuh. Lalu mungkin karena stok masker habis di mana-mana, ada informasi yang menyebutkan bahwa yang diharuskan memakai masker adalah para tenaga kesehatan (nakes) dan orang-orang yang sakit atau telah terkena virus Corona. Sedangkan orang yang sehat, tak perlu memakai masker.

Namun melihat perkembangan yang terjadi, dimana virus Corona semakin menyebar ke seluruh Indonesia dan semakin memakan banyak korban, pemerintah mewajibkan pemakaian masker bagi siapa saja yang beraktivitas di luar rumah. Pemakaian masker menjadi salah satu tindakan penting untuk memutus rantai Covid-19, selain cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak.

Baca juga: Tindakan Preventif Agar Terhindar dari Covid-19.

Memakai masker, selain untuk melindungi diri sendiri, juga untuk melindungi orang lain. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, "Kita memakai masker untuk melindungi orang lain. Siapa tahu kita terinfeksi Covid-19 tapi tidak memiliki gejala. Jadi pakai masker supaya orang lain tidak tertular."
(Sumber: https://www.covid19.go.id/2020/04/15/pentingnya-pakai-masker-untuk-melindungi-orang-lain/).

Cara Memakai Masker yang Benar

Setelah masker "menghilang" dari pasaran beberapa saat setelah Covid-19 masuk ke Indonesia, produksi masker oleh berbagai pihak termasuk UMKM semakin banyak. Apalagi setelah ada informasi bahwa semua orang wajib memakai masker jika keluar rumah, berbagai model masker sangat banyak muncul. Masyarakat pun saat ini mudah mencari masker baik itu secara offline maupun online.

Tetapi apakah semua orang sudah tahu bagaimana cara memakai masker yang benar? Sudah benarkah cara kita memakai masker? Ada beberapa hal yang harus kita ketahui agar masker yang kita pakai bermanfaat untuk menghindarkan kita dari Covid-19. Berikut ini panduan cara memakai masker yang benar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.


Sebagian masker yang beredar di pasaran tidak ada garis kawat yang dipasang di atas hidung. Tetapi intinya, mulut, hidung, dan dagu harus tertutup rapat. Kemudian setelah masker terpasang di wajah, hindari menyentuh masker dengan tangan. Cara melepasnya pun hanya dengan menyentuh tali maskernya saja. Lalu segera buang, dan cuci tangan dengan sabun.

Baca juga: Covid-19, Social Distancing, dan Orang-orang di Sekitarku.

Demikianlah temans sedikit pengetahuan tentang masker yang di masa pandemi Covid-19 ini merupakan benda yang sangat penting. Pakai masker dengan benar, ya, agar kita terhindar dari virus Corona atau Covid-19 😊.


Diah Kusumastuti
Saya ibu rumah tangga dengan empat orang anak. Blog saya berisi bermacam tulisan terkait family, parenting, pendidikan, traveling, dll. Email: d3kusumastuti@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter